Di Era Digital sekarang ini, internet menjadi salah satu kebutuhan primer setiap orang, termasuk anak-anak. Sebagai salah satu upaya kita mendampingi anak dalam berseluncur di internet adalah dengan mulai memahami literasi digital.

Mengutip sebuah program dari Google tentang literasi digital dan keamanan online antara lain: Cerdas berinternet, yaitu mengajarkan anak tentang aturan berinternet;
Cermat berinternet, mengajak anak untuk berpikir kritis tentang konten yang diterima; Tangguh berinternet, menjaga privasi saat berselancar di dunia maya; Bijak berinternet, menjaga akhlak baik saat offline maupun online; Berani berinternet, berani melaporkan ketika menemui hal yang tidak benar.

Selain banyak manfaat dari internet ini, perlu diwaspadai pula dampak negatif yang mungkin terjadi pada anak, antara lain: perilaku agresif, tidak sabaran, malas beraktifitas, gangguan interaksi, kecanduan, dan lain-lain.

Untuk menghindari dampak tersebut perlu dibangun kepercayaan antara orang tua dan anak, salah satunya dengan sering mengajak anak diskusi sesuai dengan usianya. Lakukan juga pengawasan selama anak menggunakan internet.

Semoga kita sebagai guru, orang tua dan pelajar bisa senantiasa membekali diri dengan ilmu literasi digital sehingga lebih aman saat berinternet. Apalagi di era pandemi ini dimana semua kegiatan mayoritas beralih ke dunia digital.